Jumat, 02 Oktober 2020

MODEL- MODEL PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI

 


Model Pembelajaran inovatif  seperti apa yang digunakan untuk Belajar dari Rumah ?

 Saat ini sebagian guru tentu masih merasa bingung untuk menentukan dan menyesuaikan Model Pembelajaran Inovativ yang sesuai kondisi serta karakteristik daerah masing – masing. Seperti kita ketahui, sejak Coronavirus Disease (Covid-19) mewabah di seluruh dunia, Indonesia merupakan salah satu  negara yang terdampak, salah satu dampak tersebut yaitu, pembelajaran yang seharusnya dilakukan di sekolah akhirnya dilakukan dari rumah.

Sehingga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan membuat kebijakan dengan Menerbitkan Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Desease (Covid-19) dengan tujuan memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat COVID-19; melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk COVID-19; mencegah penyebaran dan penularan COVID-19 di satuan pendidikan; dan memastikan pemenuhan dukungan psikososial bagi pendidik, peserta didik dan orang tua/wali.

Berdasarkan Sumber data.covid19.go.id per 15 Juni 2020 bahwa 94 persen peserta didik berada di zona kuning-merah dan hanya 6 persen yang berada di zona hijau , sehingga dipastikan lebih banyak satuan pendidikan yang melakukan kegiatan Belajar Di Rumah (BDR) dan akan membutuhkan waktu yang  relatif  lama. Tentunya hal ini menjadi sebuah tantangan bagi Pendidik untuk melakukan suatu inovasi dengan menerapkan model – model pembelajaran yang inovatif, sehingga pembelajaran BDR sifatnya tidak monoton sebatas menyapa siswa, memberikan materi dan kemudian mengerjakan tugas, dan guru selalu menagih tugas. Di masa BDR ini guru dituntut untuk bisa mengemas atau mendesain bagaimana sebuah pembelajaran akan terlihat menarik, serta  membekali peserta didik dengan pembelajaran sesuai dengan abad 21.

Apa yang dimaksud pembelajaran Abad 21 ?

            Pembelajaran abad 21 merupakan pembelajaran yang mengintegerasikan kemampuan literasi, kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap serta penguasaan teknologi dengan peserta didik lainnya. Selain itu pendidikan Abad 21 merupakan pendidikan yang mengintegrasikan antara kecakapan pengetahuan, keterampilan, dan sikap, serta penguasaan terhadap TIK. Kecakapan tersebut dapat dikembangkan melalui berbagai model pembelajaran berbasis aktivitas yang sesuai dengan karakteristik kompetensi dan materi pembelajaran. Dan dengan menerapkan model pembelajaran  yang sesuai diharapkan dapat meningkatkan keterampilan maupun kecakapan peserta didik yang meliputi kualitas karakter, literasi dan kompetensi.

Model – Model Pembelajaran Apa saja yang dapat digunakan selama BDR ?

            Menjawab tantangan dan permasalahan yang dihadapi guru, peserta didik dan orang tua/ wali murid saat pelaksanaan Belajar Dari Rumah, Kemendikbud bersama ke tiga  kementerian lainnya, yaitu Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Dalam Negeri telah menyusun panduan pembelajaran dalam rangka menyambut tahun ajaran dan tahun akademik baru 2020/2021.

            Kemendikbud melalui Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemendikbud No. 15 tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 telah merekomendasikan Rumah Belajar sebagai salah satu sumber dan media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh peserta didik, pendidik, orang tua peserta didik, dan masyarakat untuk Belajar dari Rumah.

            Salah satu Panduan yang telah diluncurkan di portal Rumah Belajar adalah Panduan Penerapan model pembelajaran inovatif dalam BDR yang memanfaatkan Rumah Belajar

Dalam Panduan ini terdapat beberapa model pembelajaran inovatif antara lain :

  • 1)    Model Discovery-Inquiry
  • 2)    Model Flipped Classroom
  • 3)    Model Blended Learning
  • 4)    Model Project Based Learning
  • 5)    Model Berbasis Game
  • 6)    Model Self Organized Learning Environments/SOLE

Untuk mengetahui bagaimana sintax / langkah – langkah Model Penerapan Model Pembelajaran inovatif , silahkan kunjungi portal Rumah belajar dan tentukan model pembelajaran mana yang dapat diterapkan oleh Bapak/ Ibu Guru. Panduan dapat diunduh di sini.

Salam Rumah Belajar, Belajar dimana saja dengan Siapa saja.

 


 

Sumber : https://belajar.kemdikbud.go.id/bdr/assets/file/Panduan%20Model%20Pembelajaran%20Inovatif.pdf

                Modul Pembatik Level 2 Pembelajaran Abad 21. Pusat Data dan Teknologi Informasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020


6 komentar:

GURU BETA (belajar tiada akhir) mengatakan...

W o w kereeen menewen

Elis Noviana Hasibuan mengatakan...

terimakazihhhh

putrianti paroki mengatakan...

keren...selalu semangat bu

Elis Noviana Hasibuan mengatakan...

aamiin bu, tq

Ifa Zulirfan mengatakan...

Yes....mantap bu Elis...

Atina Liestyawati mengatakan...

kerennn....tetap berbagi kebaikan. tebar manfaat. kunjungi blog ku jg yaa.😊😊