Rabu, 07 Oktober 2020

Srategi Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Pemanfaatan Rumah Belajar

 

   

         Pembatik Level 4 memantik semangat kami untuk terus berbagi, dan sekaligus berkolaborasi antara Duta Rumah Belajar dan Sahabat Rumah Belajar. Karena pepatah mengatakan Bersatu kita Teguh Bercerai kita Runtuh.  Kali ini jadwal sosialisasi Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Pemanfaatan Rumah Belajar dilaksanakan di MTS Alindau dan SMKN 1 Sindue Tobata Kab. Donggala. Untuk mencapai ke sekolah tersebut, kami membutuhkan waktu 2 jam setengah ,dari kota Palu. Berangkat pukul 07.05 Wita sampai di tujuan pukul 09.40 Wita, jadwal mundur 40 menit dari yang ditetapkan, di karenakan jalannya yang berkelok - kelok, (beruntung di perjalanan ini tidak mabuk) dan juga sebagian jalan ada yang rusak, sehingga perjalanan ini harus hati - hati.



        Alhamdulilah, kedatangan kami di sambut dengan hangat oleh bapak/ibu yang akan mengikuti sosialisasi. Tanpa menunggu waktu lama, kami langsung eksyen mensosialisasikan fitur - fitur rumah belajar, terlebih dahulu acara kegiatan ini di buka oleh Duta Rumah Belajar Tahun 2017 yaitu Ibu Fatma Sariati SE. Dalam sambutannya ibu Duta Rumah Belajar menyampaikan bahwa pemanfaatan Rumah Belajar sangat Efektif digunakan di masa Belajar Dari Rumah, karena dalam portal Rumah Belajar telah menyediakan fitur - fitur yang dapat diakses oleh Guru, Siswa maupun masyarkat umum. Dan Juga Duta Rumah Belajar 2017 mengharapkan bagi Bapak/Ibu Guru setelah mengikuti kegiatan sosialisasi, bisa membuat suatu konten yang bisa di upload ke portal Rumah Belajar.



           Peserta Kegiatan ini sekitar 30 orang .Luar biasa, mereka begitu antusias mendengarkan kami DRB dan Sahabat Rumah Belajar berbagi,  mereka sering bertanya jika ada hal - hal yang masih belum dimengerti, contohnya mereka bertanya apakah portal rumah belajar ini bisa digunakan untuk anak mereka yang masih SD, bagaimana cara download video dll. 



        Jaringan internet yang tidak setabil, membuat kegiatan sosialisasi ini agak sedikit terganggu, namun tidak menyurutkan semangat bapak / ibu untuk terus belajar. Dengan semangat mereka langsung mendaftar di Portal Rumah Belajar, bahkan langsung mendaftarkan sekolah tersebut di Fitur Kelas Maya. Target Kami, bahwa akan semakin banyak Bapak / Ibu Guru yang bisa bergabung serta memanfaatkan Platform Rumah Belajar yang telah di Rekomendasikan Kementerian Pendikan dan Kebudayaan sebagai salah satu sumber belajar yang ada di Indonesia di saat Belajar Dari Rumah.



        Saking semangatnya untuk berbagi, tak terasa waktu menunjukkan pukul 15.00, kamipun mengakhiri kegiatan ini sampai pukul 15.15 karena mengingat perjalanan pulang, butuh waktu 2 jam setengah untuk sampai di rumah. Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada pimpinan MTS Alindau yang telah mensuport dan memfasilitasi kegiatan sampai selesai, beliau menyampaikan akan mendukung kegiatan Rumah Belajar. Dan tak lupa juga permohonan maaf kepada peserta sosialisasi, sekiranya dalam pelaksanaan kegiatan ada hal- hal yang tidak berkenan.



            Pukul 17.40 Wita, alhamdulilah sampailah saya di rumah dengan selamat. Saat membuka pagar, muncul sambutan pertama anak bungsu saya.

" Bunda lama sekali....." sambil ingin memeluk

dengan sigap saya langsung menghindar,

" Jangan peluk bunda dulu ya, bunda dari jauh, bunda mandi dan ganti baju dulu, ok !"

" Ok..!" jawabnya dengan tersenyum sambil berlari, tentu saat ini dia sudah paham ( corona ).

        _Semoga Lelah ini menjadi Lillah_


Next Time kemana ya..... ? 

2 komentar:

GURU BETA (belajar tiada akhir) mengatakan...

Saling memotivasi dan menyemangati berbagi dengan Lillahitaala

Elis Noviana Hasibuan mengatakan...

Semoga Allah senantiasa menjaga hati kita ❤️